• Situs ini telah dibuka sebanyak 2.964.128 kali
• OS Anda: Tidak Dikenal
• Browser Anda: Tidak Dikenal
• IP Anda: 38.107.179.222
• Ini adalah kunjungan Anda ke 42
• Unique visitors:
lebih
ditail
[#2] 27 April 2010 (23:16 WIB) Re: Isa = Yesus? Yosi Rorimpandei
34 posting
Menurut Qazi Nasiruddin Abusaeed Abdullah bin Umar al-Baidhawi (w. 1300 M), penulis tafsir Qur'an yang terkenal, mengatakan bahwa nama "ISA" adalah bentuk Arab dari nama "ISHU" (Aram).
Dalam Bahasa Aram, ada dua bentuk penyebutan kepada Yesus, yaitu: "YESHU" dan "ISHU." Keduanya mengalami Arabisasi menjadi YASU'A dan 'ISA.
Orang-orang Kristen Arab umumnya menggunakan kata YASU'A, tetapi ada juga yang menggunakan kata 'ISA. Salah satu bukti historisnya yaitu sebagaimana tertulis dalam Encyclopaedia of the Qur'an, yaitu adanya sebuah biara Kristen kuno di Syria, kira-kira tahun 571 M, yang bernama ISANIYYAH (pengikut-pengikut 'Isa).
[#3] 28 April 2010 (00:08 WIB) Re: Isa = Yesus?
Heru
6 posting
terima kasih
[#4] 28 April 2010 (17:02 WIB) Re: Isa = Yesus? Teguh Hindarto
17 posting
Yesus dalam Perjanjian Baru bukan Isa dalam Qur’an Alasan:
1. Yesus dalam PB tidak diciptakan melainkan Firman yang menjadi manusia (Yoh 1:14) melalui kuasa Roh Kudus (Mat 1:18) sementara dalam Qur’an Isa disamakan kejadiannya dengan Adam (Qs 3:59)
2. Yesus dalam PB wafat di kayu salib dan bangkit pada hari ketiga mengalahkan maut (Mat 27-28) sementara Qur’an menyangkal Isa disalib dan dibunuh (Qs 4:157-158)
3. Yesus dalam PB adalah Mesias Putra Tuhan Yang Hidup (Mat 16:16) sementara dalam Qur’an Isa bukan Anak Tuhan (Qs 9:30, Qs 3:115)
Sekalipun Qur’an dan Hadits menempatkan posisi Isa mulia dan terhormat bahkan digelari Al Masih, Rohullah dan Kalimatullah namun tidak ada gema soteriologis dalam gelar-gelar yang diucapkan Muhamad tersebut. Nyatanya Muhamad tidak mengikuti Isa. Secara de fakto Isa dalam Qur’an menunjuk pada Yesus yang dipercayai kelompok Nasrani yang terlibat percakapan dengan Muhamad namun secara De Jure Isa yang disampaikan Muhamad dan digambarkan Qur’an bukan Yesus dalam PB.
Isa (ain, shin, ya) tidak ada artinya. Yesus dari bahasa Inggris Jesus dari bahasa Yunani Iesous dari bahasa Ibrani Y(a)hsh(u)a/Yeshua yang bermakna "YHWH keselamatan"
[#5] 28 April 2010 (21:27 WIB) Re: Isa = Yesus?
Heru
6 posting
Bung Teguh sy hanya bth jawaban asal usul nama Isa itu bukan pandangan teologis spt jwbn Bung Teguh, terkesan menghakimi :D
[#6] 28 April 2010 (23:46 WIB) Re: Isa = Yesus? Abd Allah
18 posting
Saya setuju dgn Teguh, Yesus bukanlah Isa ibn Maryam dlm Qur'an
Apa yg diceritakan dlm Bibel sudah dipalsukan olh si pendusta bernama Paulus sehingga org2 Nasrani salah menafsirkan Yesus itu
Isa dlm Qur'an adalah Isa yg benar, nabi Allah yg mulia
[#7] 29 April 2010 (10:18 WIB) Re: Isa = Yesus? Teguh Hindarto
17 posting
To Heru: Dalam hal apa saya dikatakan menghakimi? Faktanya memang demikian? Ayat-ayat yang saya berikan tidak direkayasa. Dapat dicek kebenarannya. Bahkan dari arti nama saja tidak memiliki kesamaan. Justru arah pertanyaan Anda ”YESUS=ISA“ memberikan indikasi Anda meminta penjelasan bukan soal asal usul nama Isa namun apakah keduanya menceritakan dua tokoh yang sama. Dan jawaban saya sudah benar thoh?
[#8] 29 April 2010 (10:20 WIB) Re: Isa = Yesus? Teguh Hindarto
17 posting
To Abd Allah: Klaim Anda bahwa Qur’an memberikan informasi yang benar tentang Isa tidak serta merta harus diterima. Harus diuji terlebih dahulu. Antara Muhamad dan Yesus terentang jarak sekitar 500 tahun. Ada informasi tentang Yesus yang terdistorsi dalam Qur’an. Anda menyatakan itu sebagai informasi yang benar. Apa yang menjadi bukti bahwa kisah Yesus dalam Qur’an lebih benar? Apakah Anda memiliki hujah bahwa Paulus memalsukan Kitab Suci?
[#9] 29 April 2010 (13:46 WIB) Re: Isa = Yesus? Abd Allah
18 posting
al Qur'an adalah wahyu Allah sedangkan Bibel tulisan tangan manusia jadi lebih benarlah wahyu Allah dibanding tulisan tangan manusia
[#10] 29 April 2010 (17:56 WIB) Re: Isa = Yesus? Teguh Hindarto
17 posting
To Abd Allah:
Saya akan memakai terminologi Islam. Bukankah dalam Qs 5:44-47 diterangkan bahwa Taurat dan Injil diturunkan dari Allah dan menjadi petunjuk dan cahaya?
Saya bertanya kepad Anda, Qur'an yang tertulis sekarang ini adalah tulisan manusia atau bukan? Ketika Muhamad menerima wahyu dan menghafal serta menyampaikan pada para sahabat dan ketika para sahabat menghafal dan menuliskannya pada pelepah daun, tulang sebelum dikodifikasikan, apakah itu bukan hasil tulisan manusia?
[#11] 29 April 2010 (19:35 WIB) Re: Isa = Yesus?
achmad
3 posting
@Abd Allah
Salam ya saudaraku.
apakah anda dapat menunjukkan bukti bahwa yang menulis Al Quran itu Allah SWT?
apakah Al Quran pertama yang diturunkan kepada Muhammad itu masih ada?
jika memang itu adalah sesuatu yang sangat sakral dan turun langsung dari yang maha kuasa. seharusnya masih disimpan oleh Muhammad ataupun keturunannya. mohon informasinya. sehingga kami dapat percaya bahwa Al Quran ditulis oleh Allah SWT sendiri tanpa ada campur tangan manusia.
Be Blessed
[#12] 29 April 2010 (21:48 WIB) Re: Isa = Yesus? Abd Allah
18 posting
Teguh : ya betul Qur'an adalah tulisan manusia, tetapi diwahyukan oleh Allah swt, sehingga tak ada kitab yg bs menyerupai bahasa Qur'an yg indah itu
Achmad : al Qur'an disalin turun temurun tanpa salah krn dipelihara olh Allah swt
[#13] 30 April 2010 (06:46 WIB) Re: Isa = Yesus? Teguh Hindarto
17 posting
To Abd Allah:
Kemarin Anda mengatakan : "al Qur'an adalah wahyu Allah sedangkan Bibel tulisan tangan manusia jadi lebih benarlah wahyu Allah dibanding tulisan tangan manusia"
Sekarang Anda mengatakan: "ya betul Qur'an adalah tulisan manusia, tetapi diwahyukan oleh Allah swt, sehingga tak ada kitab yg bs menyerupai bahasa Qur'an yg indah itu"
Mana yang betul, Qur'an tulisan manusia yang sama dengan Bibel atau Qura'n wahyu Allah dan Bibel adalah tulisan manusia?
Bahasa yang indah? Tolong jelaskan pernyataan dalam Qs 70:40 sbb:
"Maka aku bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa".
Tolong jelaskan arti kalimat di atas, Allah bersumpah atas nama Tuhan. Apakah itu bagian dari keindahan bahasa yang Anda klaim?
[#14] 30 April 2010 (15:01 WIB) Re: Isa = Yesus? Abd Allah
18 posting
al Quran adl wahyu Allah yg kemudian dituliskan olh para sahabat Nabi
tetapi Nabi menerimanya dlm bentuk teks dari Allah
[#15] 30 April 2010 (16:08 WIB) Re: Isa = Yesus?
Achmad
3 posting
Dear Abd Allah
Terima kasih atas jaabbnya. namun saya masih kurang dapat memahami. bagaimana cara Allah SWT memelihara tulisa2 tersebut sehingga anda yakin tidak ada yang menggantinya?
sebagai informasi bahwa bahasa arab yang sekarang dan yang ditulis pada Al Quran skr itu berbeda dengan bahasa yang ditulis pada jaman Nabi dan para sahabat.
sengan demikian pasti ada perubahan dari bentuk susunan huruf maupun pengartiannya.
mohon dijelaskan. terima kasih
Be Blessed
[#16] 01 Mei 2010 (23:42 WIB) Re: Isa = Yesus? Abd Allah
18 posting
Achmad : cara Allah swt memelihara adalah rahasia Allah. Tidak ada satu pun manusia mampu menjelaskan kemahakuasaan Allah
bahasa Arab dalam al Quran adalah bahasa Arab kuno yang dipakai di jaman Nabi Muhammad sehingga tak sama dengan bahasa Arab sekarang. Ini menunjukkan bahwa al Quran tetap menggunakan bahasa Arab zaman dulu, tidak ada perubahan di dalamnya
[#17] 03 Mei 2010 (13:08 WIB) Re: Isa = Yesus? Teguh Hindarto
17 posting
To And Allah:
Jika demikian pendapat Anda, "Al Qur'an adalah wahyu Allah yang kemudian dituliskan sahabat Nabi", demikianlah pula pemahaman kami mengenai Kitab Suci sebagaimana dikatakan dalam 2 Timotius 3:16 sbb: "Segala tulisan yang diilhamkan Tuhan memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran".
Jika Anda mengatakan bahwa Bibel adalah tulisan manusia belaka, Anda mengabaikan peran Ilahi di dalamnya. Jika Anda mengatakan Bibel adalah tulisan manusia, demikian pula Al Qur'an adalah tulisan manusia. Perbedaanya Anda menolak mengakui ada campur tangan Ilahi dalam penulisan Bible
[#18] 07 Mei 2010 (11:15 WIB) Re: Isa = Yesus?
megi
1 posting
diskusi yg sangat menarik.
untuk QS 70:40 yg di kutip oleh saudara Teguh,
mohon penjelasan, siapa yg dimaksud 'kami'?
[#19] 08 Mei 2010 (00:49 WIB) Re: Isa = Yesus? Abd Allah
18 posting
Teguh : apakah diilhamkan sama dengan diwahyukan?
megi : Saya kutipkan tulisan teman saya :
Seringkali dalam perdebatan muncul syubhat tentang Al Quran, kenapa kadang kadang memakai kata Aku (tunggal) dan kadang kadang memakai kata Kami (jamak), hal ini selalu digunakan oleh kaum nashrani dan kaum kufar lainnya untuk menyerang dan menyebarkan syubhat (kerancuan), serta keraguan atas kebenaran Kitabullah pada kaum muslimin, lalu….sebenarnya bagaimanakah jawaban atas syubhat tersebut ?? berikut adalah jawaban dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah -rahimahullahu ta’ala- :
……………….. salah satu sebab turunnya ayat tersebut adalah perdebatan orang-orang nashrani
mengenai yang kabur bagi mereka. Seperti FirmanNya أنا (Ana = Aku) danنحن(Nahnu = Kami).
Para Ulama mengetahui bahwa makna نحن(Nahnu = Kami) disini adalah salah satu yang diagungkan dan memiliki pembantu-pembantu. Dia tidak memaksudkannya dengan makna tiga illah. Takwil kata ini yang merupakan penafsiran yang sebenarnya, hanya diketahui oleh orang-orang yang mantap keilmuannya, yang bisa membedakan antara siapa yang dimaksud dalam kata
إِيَّا (iyya = hanya kepada) dan siapa yang dimaksud dengan kata إِنَّ (inna = sesungguhnya kami ), karena ikut sertanya para malaikat dalam tugas yang mereka diutus untuk menyampaikannya, sebab mereka adalah para utusanNya.
Adapun berkenaan dengan satu-satunya illah yang berhak di ibadahi, maka berlaku bagi-Nya saja.
Karena itu Allahu ta’ala tidak pernah berfirman فإىّن فعبد ( faiyyana fa’budu = hanya kepada kami, maka beribadahlah).
Setiap kali memerintahkan ibadah, takwa, takut dan tawakal, Dia menyebut diri Nya sendiri dengan nama khususNya. Adapun bila menyebut perbuatan perbuatan yang dia mengutus para malaikat untuk melakukannya maka Dia berfirman :
إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا
sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata (Al Fath : 1)
dan…
فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ
Apabila Kami telah selesai membacakannya, maka ikutilah bacaanya itu (Al Qiyamah : 18)
dan ayat ayat semisalnya
Ini, meskipun hakekat makna yang dikandungnya yaitu para malaikat, sifat-sifat mereka dan cara cara Rabb mengutus mereka tidak diketahui kecuali oleh Allah ta’ala sebagaimana telah dijelaskan ditempat lain………….
[#20] 08 Mei 2010 (06:48 WIB) Re: Isa = Yesus? Teguh Hindarto
17 posting
To Abd Allah:
Yang saya tanyakan buat soal kata ganti NAHNU (Kami) dalam bahasa Arab untuk Tuhan. Karena hal itupun ada dalam Torah ketika YAHWEH (YHWH) mengunakan kata ganti untuk diri-Nya dengan KAMI (ANAKHNU, ANU, Kejadian 1:27) atau juga dengan kata ganti orang pertama AKU (ANOKI, ANI, Keluaran 20:1).
Yang dipersoalkan adalah:
Siapa yang mengidentifikasi dengan kata ganti KAMI dalam Qs 70:40? Allah atau Muhamad? Jika Muhamad, tidak mungkin ditutup dengan kalimat "sesungguhnya KAMI Maha Kuasa". Namun jika kata KAMI dihubungkan dengan Allah, bagaimana mungkin Allah bersumpah demi "Tuhan yang memiliki timur dan barat?". Allah bersumpah pada Tuhan?
Silahkan Anda menjelaskan, mengapa Allah bersumpah demi/atas nama Tuhan? Tuhan mana lagi yang diseru sumpah oleh Allah?
[#21] 08 Mei 2010 (09:55 WIB) Re: Isa = Yesus?
Orang BOdoh
1 posting
For Heru :
Dalam bahasa Arab, dhamir 'nahnu' adalah bentuk kata ganti orang pertama dalam bentuk jamak yang berarti kita atau kami. Tapi dalam ilmu nahwu, maknanya bisa saja bukan kami tetapi aku, saya dan lain-lainnya.
Coba anda balik lagi bertanya pada diri Anda .... seberapa Cerdas Anda Berfikir Dan Seberapa Banyak Pengetahuan Yg Anda Punya.
Banyak Belajar Dan Belajar
Tau Kah Anda saking hebatnya Al-Qur'an Di Turunkan dari seorang yg buta huruf dan bahkan tidak bisa membaca serta menulis, tapi dia sanggup menjabarkan tetang ilmu waris.
Q 4:176 jika seorang meninggal dunia, dan ia tidak mempunyai anak dan mempunyai saudara perempuan, maka bagi saudaranya yang perempuan itu seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mempusakai (seluruh harta saudara perempuan), jika ia tidak mempunyai anak; tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan oleh yang meninggal. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki dan perempuan, maka bahagian seorang saudara laki-laki sebanyak bahagian dua orang saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, supaya semuanya jelas. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”
Dan Ketahui lah saat penulisan Al-Qur'an Shabat-shabat yg hidup pada jaman Rasull itu masih komplit semua, ngk ada yg satu orang pun yg telah sirna ... prosesnya masih dekat, coba anda bandingkan dengan Injil, prosesnya sangat jauh, dan selalu ada perbedan ... pernahkah anda menemukan Al-Qur'an yg berbeda
Berikut adalah perbedaan daftar nama 12 murid Isa Al Masih dalam Matius 10:2-4, Markus 3:16-19, dan Lukas 6:1-16.
Matius 10:2-4, Markus 3:16-19
Lukas 6:1-16
Simon yang disebut Petrus
Simon yang disebut Petrus
Andreas saudara Simon
Andreas saudara Simon
Yakobus bin Zebedeus
Yakobus
Yohanes saudara Yakobus
Yohanes
Filipus
Filipus
Bartolomeus
Bartolomeus
Tomas
Tomas
Matius pemungut cukai
Matius
Yakobus bin Alfeus
Yakobus bin Alfeus
Labayos (Tadeus)
Yudas bin Yakobus
Simon orang Zelot
Simon orang Zelot
Yudas Iskariot
Yudas Iskariot
yg bennar yg mahan (JGN GUNAKAN KESOMBOGAN HATI)
[#22] 09 Mei 2010 (09:03 WIB) Re: Isa = Yesus?
Daniel
47 posting
Dunia penuh dengan kekusutan rohani dan kebenaran.Ada banyak kondisi dan cara dimana kita melenceng tanpa mengetahui betul2 bahwa kita ini tersesat.
Itulah ciri2 dunia yg kehilangan tolok hakiki: alasan aktual dan nurani kejujuran.Yang ramai adalah kesemuan yg membonceng kesejatian.
Masih banyak sekali kesesatan logis (logical fallacies) yg bisa menimpa orang yg tidak jeli dan tekun mencari Tuhan. Sungguh kita perlu menyimak secara kritis apa yg kita persepsikan selama ini secara rasional dan open mind.
Injil & Alqur'an adalah 2 kitab yg berbeda dalam memberi penjelasan mengenai konsep keilahian. Jadi tidaklah perlu menafsirkan kelebihan & kelemahan masing2 kitab tsb. Kebudayaan & tradisi yg sudah dikembangkan oleh manusia semenjak dahulu kala merupakan keinginan Allah agar supaya kita semua percaya akan karya terbesarNya di dunia ini sebagai yg menciptakan kita dan alam semesta ini.
Pada saat yg sama gerbang waktu dan kekekalan sedang terbuka bagi dunia. Dengarkanlah pada Firman2 yg disampaikan oleh kitab masing2,karena ketika anda mendengar firman dan anda mulai melakukan firman,maka dalam prosesnya anda akan mendapatkan pengertian yg lebih tinggi dari Allah,bagaimanakah Dia memberikan pencerahan kepada kita? hanya anda dan saya yang mengetahuinya. Anda dan saya akan diberikan penglihatan yg nyata akan karya terbesar Allah dalam hidup anda dan saya.
Jadi pakailah hati yg jernih dan tulus, tidak perlu ada perselisihan,yang ada,apakah kita siap secara utuh hidup kita serahkan/pasrahkan pada Tuhan? Beranikah saudara? Jangan hanya mengetahui, tetapi lakukanlah..
[#23] 09 Mei 2010 (09:12 WIB) --dihapus--
Daniel
47 posting
*** Isi posting ini telah dihapus oleh Moderator pada 17 Mei 2010 (16:43 UTC+07) dengan alasan:
"pengiriman berulang-ulang dengan pesan yang sama"
[#24] 09 Mei 2010 (09:12 WIB) --dihapus--
Daniel
47 posting
*** Isi posting ini telah dihapus oleh Moderator pada 17 Mei 2010 (16:34 UTC+07) dengan alasan:
"pengiriman berulang-ulang dengan pesan yang sama"
[#25] 20 Juni 2010 (03:03 WIB) Re: Isa = Yesus? Mgr Patricius
1 posting
Memang dari sudut mana pun, Yesus itu bukan Isa yang disebutkan dalam Alquran.... sebab Isa yang ada dalam Alquran itu hidup pada masa nabi Musa, karena disebutkan dalam Alquran bahwa Maryam ibu Isa adalah saudara Harun.
Dan lagi kalau Isa itu benar Yesus, sudah pasti dalam Alquran tidak memakai nama Isa sebab nama Yesus ada dalam bahasa Arab (jangan berpegangan pada tafsir, sebab tafsir itu muncul setelah ditemukan kejanggalan)
[#26] 23 Juni 2010 (12:04 WIB) Re: Isa = Yesus? Yosi Rorimpandei
34 posting
Mgr Patricius, Anda pasti pernah mendengar mengenai sebuah biara Kristen di Syria Selatan yang berasal dari tahun 571 M (sebelum adanya Islam) yang bernama ‘Isaniyah (artinya pengikut ‘Isa).
[#27] 01 Juli 2010 (16:34 WIB) Re: Isa = Yesus?
Abdullah
1 posting
I LOVE JESUS BECAUSE I AM MOSLEM AND IS HE
Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi, (QS MARYAM: 30)
—————————————————————————-
Isa tidak lain hanyalah seorang hamba yang Kami berikan kepadanya nikmat (kenabian) dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk Bani lsrail (AZ ZUKHRUF:59)
——————————————————————————-
Katakanlah: “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya’qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa dan para nabi dari Tuhanmereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nyalah kami menyerahkan diri.” (QS ALI IMRON: 84)
—————————————————————————
Al Masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan. Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu). (QS ALMAIDAH;75)
—————————————————————————-
Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam”, padahal Al Masih (sendiri) berkata: “Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu.” Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun. (QS ALMAIDAH: 72)
————————————————————————–
Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: “Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).” Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: “Ini adalah sihir yang nyata.” (QS ASH SHAFF: 6)
—————————————————————————–
Telah dila’nati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. (QS AL MAIDAH:78)
—————————————————
dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah[378]“, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. (QS An Nisaa’: 157) [378]. Mereka menyebut Isa putera Maryam itu Rasul Allah ialah sebagai ejekan, karena mereka sendiri tidak mempercayai kerasulan Isa itu.
—————————————————————
Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu[383], dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya[384] yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya[385]. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: “(Tuhan itu) tiga”, berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara. (QS AN NISAA’:171) [383]. Maksudnya: janganlah kamu mengatakan Nabi Isa a.s. itu Allah, sebagai yang dikatakan oleh orang-orang Nasrani. [384]. Lihat no. [193]. [385]. Disebut tiupan dari Allah karena tiupan itu berasal dari perintah Allah.
———————————————————-
Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?.” Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib.” (Q AL MAIDAH; 116)
——————————————————-
[#28] 03 Juli 2010 (09:01 WIB) Re: Isa = Yesus? Teguh Hindarto
17 posting
To Abdullah:
Bagaimana dengan penegasan ayat-ayat Qur'an yang lainnnya yang memberikan nilai positip terhdap Ahli Kitab, Yahudi, Nasarni, Taurat & Injil?
Qs 5:44, “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan Kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit. Barangsiapa yang tidak memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang kafir”.
Qs 5:47, “Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah didalamnya . Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik”.
Qs 5:46. Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan 'Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa”
[#29] 03 Juli 2010 (09:02 WIB) Re: Isa = Yesus? Teguh Hindarto
17 posting
To Abdullah:
Bagaimanapula dengan ayat-ayat berikut?
Qs 16:43, “Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui”... See More فَإِن كُنتَ فِي شَكٍّ مِّمَّا أَنزَلْنَا إِلَيْكَ فَاسْأَلِ الَّذِينَ يَقْرَؤُونَ الْكِتَابَ مِن قَبْلِكَ لَقَدْ جَاءكَ الْحَقُّ مِن رَّبِّكَ فَلاَ تَكُونَنَّ مِنَ الْمُمْتَرِينَ Qs 10:94, “Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu temasuk orang-orang yang ragu-ragu”. قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لَسْتُمْ عَلَى شَيْءٍ حَتَّىَ تُقِيمُواْ التَّوْرَاةَ وَالإِنجِيلَ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْكُم مِّن رَّبِّكُمْ وَلَيَزِيدَنَّ كَثِيراً مِّنْهُم مَّا أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ طُغْيَاناً وَكُفْراً فَلاَ تَأْسَ عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ Qs 5:68, “Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu". Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu” Ayat-ayat di atas, yang bernada positip terhadap Taurat dan Injil dan orang Yahudi serta Nasrani, hampir-hampir tidak mendapat perhatian dari para sarjana dan kritikus Muslim dan lebih mengedepankan ayat-ayat yang menuding adanya tahrif (pemalsuan) meskipun tidak jelas ayat apa yang dipalsukan. Jika ayat-ayat di atas dieksplorasi maka sikap-sikap negatif dan curiga terhadap Kitab TaNaKh dan Kitab Perjanjian Baru dan orang Yahudi serta Nasrani akan tereliminir dan menimbulkan sikap terbuka dan dorongan untuk membaca dan mempelajari kitab-kitab tersebut dengan tanpa prasangka sehingga menimbulkan pencerahan batin yang membawa pada keselamatan dalam Yesus Sang Mesias.
[#30] 03 Juli 2010 (09:05 WIB) Re: Isa = Yesus? Teguh Hindarto
17 posting
To Abdullah:
(Ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya".
Kiamat belum terjadi. berarti pengikut Isa masih ada dan merek diberi sttus di atas orang kafir hingga hari kiamat
[#31] 04 Juli 2010 (11:31 WIB) Re: Isa = Yesus?
daniel
47 posting
Seharusnya kita sudah menyadari bahwa kedua kitab kita adalah berbeda dalam sudut keIlahiannya..Dari pemikiran manapun yg dibangun oleh akal-pikiran manusia dan sepintar apapun manusia tsb, adalah hal yg sulit utk mempersatukan persepsi ini, karena kita semua sudah dipisahkan oleh lintas kebudayaan & Zaman.
Pandangan apapun tdk akan mengubah jika keyakinan yg diyakini merupakan kesatuan didalam diri orang tsb, karena masing2x mempertahankan prinsip itu.
Hanya ada satu bahwa orang tsb benar yaitu keyakinan yg dia miliki adalah milikinya yg dia pertanggungjawabkan langsung kepada Tuhan. Tentu itu semua kembali kehati masing2x, sesuaikah perbuatan saya sampai saat ini di mata Tuhan? ataukah hanya omong kosong manipulasi kata2x agar dia dianggap benar?
Ketulusan & kemurnian hati perlu dipertanyakan, benarkah ada pada diri kita?Beranikah kita menjawab dihadapan Tuhan?..
[#32] 09 Juli 2010 (08:56 WIB) Re: Isa = Yesus?
son
2 posting
Jangan repot - repot membahas sesuatu yang sudah diciptakan. Lebih baik berlombalah mendekatkan diri kalian kepada TUHAN mu masing- masing. Yang terpenting dalam HIDUP ini, bukan siapa yang menjadi benar pengajaran atau ajaran agama siapa. Yang terpenting DIKENAL dan DIAKUI oleh SANG PENCIPTA kita semua pada akhirnya nanti. ( Bagi orang yang percaya adanya TUHAN )
Kalau untuk Isa = Yesus, semua yang ada di semua Kitab suci itu benar. Mana ada KECAP no 2 semua pasti ingin no 1. Betulkan?
Sekarang tergantung diri anda semua pantas ndak kalau aku berbicara seperti ini, atau begitu.
Referensi : Apa ada sifat Tuhan yang mau menang sendiri. Atau menyuruh membunuh jika tidak sesuai dengan kehendakNya. ( Kita ini ciptaanNya, kepunyaanNya kalau ndak sesuai dengan DIA pasti udah diambil. ) Tuhan tidak membutuhkan pembela bagi DiriNya, justru manusia yang membutuhkan pembelaan dan pertolongan dari Tuhan.
Jadi berseterulah selama-lamanya agar SORGA tidak penuh dan kesempatan saya masuk makin lebar dan leluasa. ( Tidak ada saingannya gitu)
[#33] 09 Juli 2010 (08:56 WIB) Re: Isa = Yesus?
son
2 posting
Jangan repot - repot membahas sesuatu yang sudah diciptakan. Lebih baik berlombalah mendekatkan diri kalian kepada TUHAN mu masing- masing. Yang terpenting dalam HIDUP ini, bukan siapa yang menjadi benar pengajaran atau ajaran agama siapa. Yang terpenting DIKENAL dan DIAKUI oleh SANG PENCIPTA kita semua pada akhirnya nanti. ( Bagi orang yang percaya adanya TUHAN )
Kalau untuk Isa = Yesus, semua yang ada di semua Kitab suci itu benar. Mana ada KECAP no 2 semua pasti ingin no 1. Betulkan?
Sekarang tergantung diri anda semua pantas ndak kalau aku berbicara seperti ini, atau begitu.
Referensi : Apa ada sifat Tuhan yang mau menang sendiri. Atau menyuruh membunuh jika tidak sesuai dengan kehendakNya. ( Kita ini ciptaanNya, kepunyaanNya kalau ndak sesuai dengan DIA pasti udah diambil. ) Tuhan tidak membutuhkan pembela bagi DiriNya, justru manusia yang membutuhkan pembelaan dan pertolongan dari Tuhan.
Jadi berseterulah selama-lamanya agar SORGA tidak penuh dan kesempatan saya masuk makin lebar dan leluasa. ( Tidak ada saingannya gitu)
[#34] 19 Juli 2010 (07:45 WIB) Re: Isa = Yesus?
yos
1 posting
maaf semuanya.... saya baca dan akhirnya buat saya ketawa... ya benar katanya Son.
[#35] 11 Agustus 2010 (11:36 WIB) Re: Isa = Yesus?
yudi
1 posting
Betul son, isa atau Yesus atau apapunlah namanya gak pernah sewot, ribut, brutal atau apalah.....
kadang klo dipikir aneh juga...knapa ada orang/klompok yg takut ada kyakinan lain brkembang....justru harusnya kan seneng....kan sorga jadi lega ( klo sorga...lho )...
[#36] 16 Agustus 2010 (09:14 WIB) Re: Isa = Yesus?
YUSUF
3 posting
Ya tuhan, kasihanilah keturunan budak ini,....para keledai yang tidak tahu membedakan Maryam saudara Musa dengan siti Maryam istri Yusuf,......mungkin mereka tahu namun selalu ingin berbantah,......bagaimana pula kalau saya katakan nabimu yang buta huruf itu , dapat menyusun quran,tidak mungkin kan....pasti kamu sudah teriak allahu akbar untuk membunuh saya atas nama jihad bukan,....,mari mencari kebenaran itu ,..yaah benar benarlah baca, renungkan ,tanya ,jangan fitnah,...ingat....janganlah kamu mendustakan ayat ayat ALLAH, karena kamu termasuk orang yang merugi, Alkitab, Zabur,Taurat dan Injil adalah kalimatullah,....ke neraka kau nanti.....sudah diterangkan ISA itu adalah YESUS, jika benar terima, bagaimana kalau saya katakan ISA disisi ALLAH, coba debat lagi itu.......jelas engkau tidak tamat kitab sucimu.....cape deh....
[#37] 16 Agustus 2010 (10:33 WIB) Re: Isa = Yesus?
daniel
47 posting
keledai bicara keledai...sayang sekali..namamu Yusuf, tapi tdk kau sadari itu keturunan bani Israel..pengetahuan dan pemahaman seharusnya merupakan kehidupan yg baik,tanpa upaya utk memahaminya,kehidupan ini tdk ada artinya..menghafal saja bukan dari suatu bukti otentik,tapi merupakan rekayasa spekulatif..
[#38] 27 Agustus 2010 (00:54 WIB) Re: Isa = Yesus?
Kasih
1 posting
Kasih
Hai..., sdra2ku, jika engkau mengagungkan Allah brarti sdra2ku menyayangi Allah sekuat jiwamu dan pasti sdr2ku takut akan Allah dan perintahnya dan sdra2ku menyayangi Allah dan takut akan dia, tetapi mengapakah sdra2ku yang takut akan Allah menghujat sesama manusia dan menganiaaya orang nasrani,apakah itu perintah Allah!..
Lihatlah orang nasrani dia mau dianiaya dan sekalipun dibunuh, apakh itu perintah Allah !
Jwaban saya : Jika kita benar benar percaya bahwa Allah ada dan menyayangi Allah dan takut akan dia kita tidak akan menyakiti hati / menganiaya sesama kita melainkan mengasihi sesama kita seperti kita menyayangi Allah.
[#39] 27 Agustus 2010 (10:50 WIB) Re: Isa = Yesus?
daniel
47 posting
Ya, milikilah sifat kedamaian Kristen & Muslim, apa gunanya saling mencemooh? Agama Islam & Kristen juga padamulanya adalah satu suku (semit / samawi) keturunan Sem anak Nuh. Orang jaman sekarang hanya memikirkan pada nalar belaka yg dirajut oleh emosional semata/sementara dalam kondisi tertentu. Kebudayaan yg murni telah diracuni oleh politik yg mementingkan kekuasaan dan harga diri yg serakah untuk kepentingan sekelompok orang / organisasi tertentu untuk berkuasa. Agama menjadi medan pertempuran buat keinginan mereka. Setiap tokoh dalam sejarah agama menjadi bahan perbandingan dan pembenaran. Apakah ajaran agama harus seperti itu?, jangan hanya berdakwah/berkhotbah saya benar/mereka benar, tapi hati & perbuatannya merusak, itu iman yg palsu!/pembohong!. Berjiwalah besar dan tidak munafik di hadapan Allah.
[#40] 21 September 2010 (21:15 WIB) Re: Isa = Yesus?
wahyuan
1 posting
memang dari dahulu sebagian besar islam itu sudah bebal sangat munafik jahat kebanyakan suka membunuh dan penuh emosi dan pikiran negatif provokator tak bisa mengasihi saudara nya orang kristen pengen menang sendiri sukar menerima tetangga tau nya negatif doang nakut nakuti nomor satu , dunia juga tahu itu sudah mendarah daging bagi mereka hatinya penuh kebencian penuh roh kecurigaan ,semoga kita yang mengerti maklum ajalah marikita doakan mereka bila saudara terbeban mari kita puasa kepada tuhan kiranya Tuhan boleh mengubahkan hati mereka yang keras dan bertobat dari tingkah langkah nya yang jahat ,orang itu aja yang ngak tau Tuhan Yesus sangat mengasihi mereka,kalau saya pribadi sih saya udah tau doktrin nya sama orang kristen saya selalu memafkan mereka semoga mereka bertobat,yah memang agama ini mungkin agama sakit hati mungkin sejak dari hagar karna terusir oleh sarah jadi mau nya mau balas dendamaja ,teman teman tolong lah kita doakan saudara kita yang bandal ini mudah mudahan ada yang dipanggil Tuhan bertobat dan menjadi saksi bagi saudara muslim yang lain ,terimakasih demikian lah komentar saya utk saat ini bye...salam kasih dan maaf bagi kita semua terutama saudaraku yang muslim ,amin
[#41] 18 Oktober 2010 (21:39 WIB) Re: Isa = Yesus?
Lintang
23 posting
Dengan pengetahuanku yang belum banyak, saya ingin sedikit berbagi.
(tolong baca perlahan)..
Yesus (kristen) adalah Isa (Islam).
mengapa ?.
Yesus dan Isa mempunyai sejarah yang sama, sejarah setelah kejadian, kitab, nama ibu, keadaan ibu, proses kelahiran, sebab kelahiran yang sama persis.
adakah ada sebuah kitab yang bernama Injil yang dibawa oleh seseorang selain yang dibawa oleh orang yang bernama Isa (yesus) ?......
Adakah seorang utusan Tuhan yang di anggap Tuhan oleh pengikutnya selain Isa (yesus) ?......
Adakah orang bernama Isa (yesus) yang lain yang dilahirkan oleh seorang yang masih perawan yang bernama Mariam ....?.
Tidak ada, karna itu maka kesimpulannya adalah Yesus = Isa..
Yang beda adalah persepsi,..
Misal siapa yang disalib .......
Dalam islam., yang disalib adalah seseorang yang diserupakan dengan Isa (yesus)..saat para pengikut yesus hendak menyalib yesus.
Untuk mengetahui seperti apa kisah sebenarnya, bisa dibaca dalam posting saudara Abdullah diatas dan tentunya dalam Al Quran di jelaskan lebih lengkap.
Islam tentang kitab2 sebelumnya.
Islam memberitahukan bahwa sebelum Al Quran ada kitab2 yang diturunkan terlebih dahulu…dan bagi seorang muslim wajib mengimanininyakarenatermasuk rukun iman. Tapi mengapa kami (orang islam) tidak mengamalkan kitab2 sebelum Al Qur’an misal Injil ?...
Alasan pertama adalah karena Al Qur’an kami yakini sebagai penyempurna kitab2 yang diturunkan sebelumnya. dan alasan yang lain adalah karena kami tidak menemukan kitab asli atau keaslian dari kitab2 tersebut pada saat ini. maka untuk apa mempelajari sebuah kitab yang diragukan ?.
Tentang perintah mengikuti Isa ( yesus )….
Isa as adalah seseorang yang sangat mulia, kami mengimaninya…dan menjadi sarat keimanan bagi kami. seandainya kami terlahir di lingkungan dan di jaman kenabian Nabi Isa as, waka wajib bagi kami untuk mengikutinya, hal yang sama akan kami lakukan andai kami terlahir di lingkungan dan jaman kenabian nabi2 sebelum Isa as…..
Dan kenyataan saat ini adalah saya terlahir di jaman kenabian Muhammad SAW, maka alasan apa yang kupakai apabila saya tetap menjadi kaum nabi Isa ( atau tidak mengakui sebagai kaum Muhammad SAW) ?.....
Kisah lain….
Akhir jaman kelak, saat dunia dalam kekacauan, muncullah imam mahdi, dia bernama asliMuhammad bin Abdulah, dia kelak di baiat di depan ka’bah…dan dia akan memerangi kedzaliman yang terjadi di muka bumi……
Tentang turunnya Isa (yesus), selanjutnya dikisahkan :
“Turunlah Isa as putra Maryam. Kemudian pemimpin mereka Al-Mahdi berkata: “Mari pimpin sholat kami”. Isa as berkata: “Tidak. Sesungguhnya sebagian mereka pemimpin bagi yang lainnya. Ini diucapkan sebagai penghormatan Allah bagi Ummat ini.” (Al-Bani dalam ”As-Salsalatu Ash-Shohihah”)…
Jelas, Nabi Isa turun bukan untuk menggiring domba2, melainkan untuk meluruskan pemahaman dan bersama dengan Imam Mahdi memberantas kerusakan yang meluas.
Kisah tentang Isa (yesus) sungguh sangat jelas diketahui oleh para muslim, melebihi yang umat kristiani ketahui.
Untuk selebihnya, marilah kita baca sejarah secara berurutan, tidak melompat-lompat….baca tanpa keegoisan dan lupakan dulu dogma-dogma…
Akhir kata, saya mohon ampun pada Allah jika ada salah kata.
Semoga Allah memberkahi niat kita menuntun ilmu.
Aamiin.
[#42] 05 November 2010 (11:53 WIB) Re: Isa = Yesus? yoel asmada
7 posting
memang menurut sejarah, pengetahuan kita belum ada apa-apanya, tapi jika kita mau belajar-dan-belajar terus untuk mencari kebenaran yg paling benar sekali; dengan rendah hati tentu saja juga dengan hati yg terbuka siap menerima apapun hasil pencariaan kebenaran sejarah itu dengan akal sehat, jiwa yang tenang dan ber-sandar / berharap kepada Tuhan yg hanya Dia saja yg bisa memberikan semua itu secara pribadi kepada kita semua.
kalau ada buku atau tulisan yg bertentangan dgn iman kita, baiknya tidak diteriaki pitnah, tp pelajari dgn seksama, cari tahu kebenaran dan keslahannya apa? kita ambil kesimpulan itu dengan berani menerima kesalahan yg telah dibuat oleh sejarah, atau oleh orang-orang yg membuat sejarah yg melenceng.
jika kita amini bahwa kebenaran itu datangnya dari Tuhan, mengapa takut?
apa yg ditakuti ? mengapa banyak larangan beredar buku-buku dan tulisan yg bersebrangan dgn keyakinan kita?
mengapa emas harus dimurnikan dengan membakarnya?
begitu jga iman dari semua agama, harus diuji dan di teliti, harus dicari kebenarannya, mengapa takut?
mau mencari kebenaran atau pembenaran yg sudah diyakini?
[#43] 06 November 2010 (10:42 WIB) Re: Isa = Yesus?
muhammad SAW
1 posting
hai ... pengikut2 ku kaum muslimin/muslimat dan kaum nasrani pengikut kristus ... sadarlah bahwa kalimat2 dalam alquran itu adalah banyak berisi cerita karangan dan bualan saya belaka .... selain ku adopsi dari kitab taurat dan injil ...... itu hanyalah alat untuk meluruskan ambisi2 ku ..... seperti yg kalian tahu aku doyan harta dan wanita .... alquran menjadi alat untuk melegalkan ambisi2 ku .......... hahahahahaha .... itu sebabnya banyak cerita2 dongeng yg tak masuk akal di situ ....... wkwkwkwkwk ...... kacian deh luhh .... aku aja sampe skarang masih terlunta-lunta ... masih belum mendapatkan jalan yang lurus ....... hufff kacian deh aku ...
[#44] 23 November 2010 (11:46 WIB) Re: Isa = Yesus?
Paul E. Rantau
6 posting
Kepada Abd Allah,
Aku cenderung setuju dg sebagian pernyataan Bang Abdi Allah yaitu bhw 'Yesus itu tidak samaa dg Isa ibn Maryam'.
Aku dsarkan persetujuan pendapat ini dari apa yg tertulis dalam Al Qur'an. Ayat2 Qur'an menyatakan bhw Maryam adalah adik perempuan Harun dan Musa. Maryam,mnrt al Qur'an, adalah anak perempuan dari keluarga Imran.
Mnrt Al Qur'an Nyah Imran mengucapkan nazar agar anak yg dikandungnya akan diserahkan kpd Allah. [Jadi kata / istilah Allah ini sudah dipakai dizaman Musa, Harun dan orangtunya jadi tidak hanya sesudah nuzul Qur'an!]. Tapi apa lacur, yg lahir anak perempuan (jadi tidak bisa jadi imam) yg kemudian diberi nama Maryam binti Imran.
Nah, mnrt Alkitab, Harun, Musa serta ortunya hidup lebih dari 1800 tahun sebelum Yesus lahir. Dg kata lain Isa ibn Maryam itu tidak mungkin sama dengan Yesus Kristus, anak Yohannes dan Maria.
Keterangan di atas didasarkan pada apa yg tertulis dalam Al Qur'an dan dalam Alkitab. Bang Abdi Allah jadi argument anda bhw Rasul Paulus telah merekayasa membuat Yesus menjadi Anak Allah itu adalah vacuous atau tidak benar, tidak masuk akal, tidak perlu dsb. krn mnrt Al Qur'an sendiri Isa itu keponakan Harun & Musa.
Tanpa mempergunakan argument theologis dan tanpa melecehkan ajaran agama lain persoalan apakah Isa Ibn Maryam itu sama dg Yesus dapat diselesaikan.
Sekarang yg menjadi ganjalan atau hurdle ialah pernyataan para pakar AlQur'an dan tertulis dalam banyak references, a.l. Encyclopedia of Islam bhw Isa Al Masih itu mnrt para pakar Al Qur'an adalah Jesus the Messiah.
Salam sejahtera Kristus
Paul E. Rantau
[#45] 26 November 2010 (08:09 WIB) Re: Isa = Yesus?Diganti oleh orang yg diserupakan
Paul E.Rantau
1 posting
Dalam islam., yang disalib adalah seseorang yang diserupakan dengan Isa (yesus)..saat para pengikut yesus hendak menyalib yesus.
Sewaktu membaca Al Qur’an ttg Isa diselamatkan oleh Allah SWT, aku berfikir ‘Allah tentunya tidak senang kalau nabi istimewanya mati ditangan orang2 jahat.’ Sebaliknya aku bingung kenapa Allah SWT merasa perlu menyerupakan orang lain sehingga orang ini yg dijadikan tumbal. Apa Allah SWT yg maha segalanya takut dg orang2 jahat yg ining menyalib Isa? Mengapa Allah SWT tidak mematikan orang2 jahat tsb.saja? (Apa dosanya si Tumbal itu? Siapa namanya Al Qur’an tidak menyebutnya. Meski banayak spekulasi tapi tidak tertulis jelas.)
Isa diwafatkan dan diangkat oleh Allah SWT kpd Nya. Artinya Isa itu sejak kejadian tsb berada bersama Allah SWT di sorga! Nabi-2 lainnya tidak disebutkan berada di mana sejak kematian mereka.
Jelas Isa yg berada di sorga bersama Allah SWT itu HIDUP – karena di sorga tidak ada orang mati! Lebih dari itu Isa,mnrt Al Qur’an, akan dikirim ke dunia (Apa Isa krn-nya adalah nabi yg paling terakhir?) untuk melaksanakan beberapa tugas: 1) Menciptakan dunia yg aman sejahtera sehingga tidak ada orang yg mau menerima sedekah. 2) Mengalahkan dan membunuh Al Dajjal. Anehnya koq bukan nabi lain yg berpengalaman perang, bunuh-membunuh yg dipilih oleh Allah SWT? 3) Isa akan menjadi hakim yg adil! Tentunya dia akan menghakimi semua orang, orang awam atapun nabi, yg masih hidup dan yg sudah lama mati.
[#46] 26 November 2010 (08:57 WIB) Re: Isa = Yesus? Qur'an penyempurna?
Paul E. Rantau
6 posting
Alasan pertama adalah karena Al Qur’an kami yakini sebagai penyempurna kitab2 yang diturunkan sebelumnya. dan alasan yang lain adalah karena kami tidak menemukan kitab asli atau keaslian dari kitab2 tersebut pada saat ini. maka untuk apa mempelajari sebuah kitab yang diragukan ?.
Hampir semua orang Islam percaya bhw Al Qur’an adalah ‘PENYEMPURNA’ Taurat dan Injil. Mereka ini rupanya tidak pernah membaca Al Qur’an dg baik terutama yg tertulis dlm Bahasa Arab klasik, Memang Qur’an dlm bentuk terjemahan Bhs. Indonesia mengatakan bhw Qur’an sbg ‘penyempurna’ kitab2 sebelumnya.
Mari kita ingat apa yg dikatakan Al Qur’an mengenai kitab2 sebelumnya yaitu Taurat dan Injil.
1. Allah SWT bersabda ‘Kalau ada keraguan pada dirimu (Muhammad) ttg wahyu yg diturunkan oleh Allah SWT, ‘Tanyakanlah kpd Ahlul Kitab’ = orang2 Yahudi dan Nasrani. Mengapa Allah sengaja menyuruh sang Nabi untuk bertanya kpd umat Yahaudi dan Nsrani? Jawabnya: krn mereka punya kitab suci yg berasal dari Tuhan dan tentunya baik dan sempurna.
2. Al Qur’an dg tegas menyatakan bhw Injil diturunkan untuk membenarkan Taurat Musa. Membenarkan ini artinya ‘to confirm’ atau menyatakan benar dan tidak ‘mengoreksi’-nya.
3. Al Qur’an diturunkan dlm (a) terang dan kebenaran; (b) untuk membenarkan (menyatakan kebenaran) kitab2 sebelumnya, dan (c) bertindak sebagai pelindung kitab2 tsb. Mohon diperhatikan: Al Qur’an diturunkan sebagai PELINDUNG kitab Taurat dan Injil. Bagi yg ingin tahu Bahasa Arabnya: ‘muhainan alaihi; Frasa ini sama sekali tidak berarti*Penyempurna ataupun *Tolok ukur. Kedua arti yg biasanya dipercayai oleh umat Islam ini adalah pelintiran arti aslinya. Al Qur’an menyatakan orang yg berani merubah ayat2 Al Qur’an hukumnannya sangat berat.
Banyak umat Islam yg juga serta merta membeo para imam dan ustadz yg tidak jujur atau tidak nyahok. Mereka ini menuduh kitab suci umat Kristiani sudah tidak asli lagi,sudah dirubah2, sudah direvisi. Tentunya tuduhan yg sifatnya spurious ii tidak pernah disertai bukti, khususnya yg berasal dari Al Qur’an.
Aku ingin tanya kpd mereka yg percaya bhw Kitab Suci Taurat dan Injil sudah dirubah, direvisi.
Mengapa pengikut ajaran kitab suci merubah kitab sucinya sendiri? Tentunya tidak masuk akal bhw pengikut agama merubah kitab sucinya sendiri. Untuk apa?
Dalam abad berapa revisi ini dilakukan oleh gereja? Ingat: dlm abad ke-7 Nabi Muhammad SAW diperintahkan oleh Allah SWT untuk menanyakan kpd umat Yahudi dan Nasrani kalau ada keraguan pd diri beliau. Dg kata lain dlm abad ke-7 Taurat dan Injil itu masih asli! Alkitab sudah banyak tersebar (tertulis dlm berbagai bahasa) bahkan dlm abad ke-3. Kalau ada yg ingin melakukan revisi, tetnunya sudah sukar kalau tidak mustahil merubah ribuan Alkitab yg dalam berbagai bahasa ini.
Al Qur’an menyatakan bhw kitab2 suci yg berasal dari Allah SWT itu kesucian dan ke aslian-nya dijaga oleh Allah sendiri. Jadi yg menuduh bhw Alkitab (Taurat dan Injil) sudah dirubah, direvisi dsb. Secara tidak langsung mengatakan bhw Allah SWT tidak becus menjaga kesucian dan keaslian kitab2 yg Allah turunkan!
Nah, sekian dulu untuk kali ini.
Paul E. Rantau
[#47] 26 November 2010 (10:21 WIB) Re: Isa = Yesus? Muslim lebih tau Yesus?
Paul E. Rantau
6 posting
Jelas, Nabi Isa turun bukan untuk menggiring domba2, melainkan untuk meluruskan pemahaman dan bersama dengan Imam Mahdi memberantperlindungan tuhanas kerusakan yang meluas.
Hampir semua umat Islam tidak menyadari bhw Yesus mengajar murid2 dan pengikutnya melalui ‘parables’ atau ‘Perumpamaan’. Ketika Yesus berkata bhw dia ditugasi untuk menemukan domba2 yg terhilang, dia bermaksud untuk menyatakan bhw semua domba (baca: manusia) yg keluar dari pemeliharaan Sang Gembala yaitu Tuhan harus dikembalikan ke kelompok dan pemiliknya. Yesus sering memakai perumpamaan domba karena dia adalah Gembala yg baik!
Al Qur’an juga menyatakan hal yg sama tanapa perumpamaan. Isa mengatkan ‘Ikutilah Sirathal mustqhim’ yaitu ‘Jalan Tuhan yg lurus!’. Ayat yg bersangkutan diakhiri dengan perintah Isa: “IKUTILAH AKU!” Kalau dinyatakan dlm bentuk perumpamaan, maka kira2: ‘Domba2 yg hilang,kembalilah ke jalan yg lurus. Caranya: Ikutilah aku sang gembala yg baik!.
Kisah tentang Isa (yesus) sungguh sangat jelas diketahui oleh para muslim, melebihi yang umat kristiani ketahui.
Aku jelas tidak setuju kalau orang berkata bhw ‘Umat Islam mengetahui Isa (Yesus) dg lebih baik, lebih lengkap dari umat Kristiani! Meskipun Isa Al Masih (Yesus gthe Messiah) disebut namanya lebih banyak dari tokoh Qur’an lainnya tetapi ajaran yg disampaikan olehnya hanya secara minim disebut dlm Al Qur’an.
Yg disebut Al Qur’an dan tidak disebut dalam Alkitab adalah . meniup burung2an dari tanah-liat menjadi burung beneran. Dongeng ini memang tertulis di salah satu Kitab Injil APOKRIP, yaitu Injil yg tidak diakui oleh para Bapak Gereja.
Meskipun demikian Al Qur’an secara tidak langsung mengeakui ‘deity’ atau ‘Ketuhanan’ Isa Al Masih. Diamenyembuhkan orang buta dari sejak lahir. Dia menyembuhkan orang sakit kusta. Dia memberi hidup kpd burung2an. Dg kata lain: Dia melakukan hal2 yg hanya bisa dilakukan oleh Tuhan!
Perlu disadari bhw Al Qur’an menyebut Isa Al Masih sebagai (1) Nabi luar biasa; (2) KALIMATULLAH – artinya Friman Allah. Tidak ada tokoh lain dlm Al Qur’an yg diberi julukan sedemikian, dan (3) ROH yg berasal dari Allah (=Rohun minhu!). To sum up: Isa Al masih itu 1) Nabi extraordinary = Emanauel! 2) Firman Allah yg menjadi manusia, dan 3) Roh
[#48] 05 Maret 2011 (02:49 WIB) Re: Isa = Yesus?
George
1 posting
setau saya, isa adalah nabinya muslim, sedang yesus tuhannya kristen. sama2 membawa injil, cuman bedanya injilnya isa "beda" dengan injilnya yesus. Beda dalam masalah ketuhanan yesus tpi mirip dalam ajaran tentang keesaan tuhan Allah. Katanya muslim sih, injilnya kristen adalah penyimpangan injil yg dibawa Nabi Isanya, alias dah diubah2, sesuai kepentingan politik pada zaman itu.
Intinya, satu pribadi hanya beda nama, karna beda sudut pandang dan keyakinan.
Betul ngga ya.....??? Hanya Dia yang tau kebenarannya.